Penentuan Kantor Pusat Fiat-Chrylser

Detroit. KompasOtomotif - Setelah resmi melebur menjadi satu perusahaan, Fiat-Chrylser, ada satu pertanyaan sederhana yang belum terjawab. Di mana kantor pusat kedua perusahaan bertempat?

Seperti diketahui, Fiat merupakan bagian dari sejarah industri Italia, tetapi Chrysler juga tercatat sebagai tiga merek utama asal Amerika Serikat (AS). Chief Executive Officer Fiat-Chrysler, Sergio Marchionne, tengah mengusahakan untuk menyatukan kantor pusat kedua merek di Detroit, AS.

Masalahnya, para petinggi dari Fiat membuat catatan penting kalau jumlah individu yang terlibat dalam rekonstruksi perusahaan ke AS jumlahnya sedikit. Artinya, ada pertentangan kepentingan di dalam direksi kedua perusahaan.

Opsi yang berkembang, staf kantor pusat bisa dengan mudah masuk ke Chrylser House di Detroit, dengan sedikit rekonstruksi bangunan. Jumlah pegawai di kantor pusat ini jumlahnya juga tidak perlu banyak. Sementara untuk operasional masing-masing merek bisa tetap pada lokasi yang ada saat ini, Chrysler di Auburn Hills, Michigan, sedangkan Fiat di Turin, Italia.

Dengan terintegrasinya pusat pengambil keputusan, diharapkan masalah keuangan, pembelian, dan riset kedua merek bisa selaras di masa depan. Semakin ketat dan semakin kompak supaya lebih kompetitif di pasar global. Termasuk memutuskan strategi yang tepat untuk kedua perusahaan.

London
Menariknya, Fiat sudah lebih dulu mengambil langkah awal dengan meminta persetujuan dua pemegang saham asal Belanda (Fiat Netherlands Holding NV) dan Italia (Fiat Industrial SpA). Hasilnya, dewan direksi menyetujui kalau akan membuka kantor baru di London, Inggris untuk mengindari beban pajak yang berat di Belanda atau Italia.

Pertaruhan Fiat ke London, sekaligus menjadi pertanda kalau kantor pusat kedua merek sangat terbuka di Detroit. Meskipun, eksekutif dari Fiat mengatakan perpindahan markas bukan jadi salah satu agenda utama. Artinya, apakah Turin, London, atau Detroit, ketiganya masih terbuka jadi "markas baru" Fiat-Chrysler.

Related Posts:

0 Response to "Penentuan Kantor Pusat Fiat-Chrylser"

Posting Komentar