Bos Baru GM Resmi Terima Gaji Rp 471,2 Juta Per Hari

Detroit, KompasOtomotif — Sebagai wanita pertama di dunia yang menjabat sebagai bos perusahaan otomotif, penghasilan Mary Barra terbilang sensasional. Setelah berbagai rumor berkembang mengenai jumlah gaji suksesor Dan Akerson ini muncul di internet, akhirnya dewan General Motors mengumumkannya sebelum melaporkan kepada pihak berwenang.

Tahun ini, Mary akan menerima total pendapatan, termasuk gaji bulanan, hingga 14,4 juta dollar AS atau Rp 172,01 milar dalam bentuk tunai. Jika diurai dalam 365 hari selama setahun, artinya Mary mendapat bayaran Rp 471,2 juta per hari, termasuk ketika libur akhir pekan atau libur nasional.

Nilai ini menyita banyak perhatian karena 60 persen lebih besar dari yang diterima Dan Akerson, bos GM sebelumnya.

GM menjelaskan dalam kesempatan sebelumnya bahwa Mary hanya akan menerima gaji 4,4 juta dollar dalam bentuk tunai dan lembaran saham periode 2014. Tetapi, jumlah ini ternyata belum termasuk kompensasi jangka panjang yang sudah disiapkan bagi Mary, yang nilainya mencapai 10 juta dollar AS.

"Sebagai CEO baru, kompensasi total yang diterima setaraf dengan pegawai sebayanya dan sesuai dengan risiko yang diembannya. Seberapa baik performa perusahaan tentu akan menentukan seberapa besar dia akan dibayar," jelas Tim Solso, Komisaris GM, dilansir Inautonews, Selasa (11/2/2014).

Nilai ini sengaja diumumkan sekarang, sebelum dilaporkan ke pihak berwenang pada April mendatang. Selain itu, untuk menepis adanya rumor yang beredar di kalangan pebisnis, juga untuk memperbaiki salah paham yang tercipta dari seberapa besar nilai kompensasi yang diterima Mary.

Sebelumnya, Dan Akerson yang memilih untuk pensiun sejak Januari 2014 dari posisi CEO memperoleh gaji 11 juta dollar AS per tahun. Jumlah itu terdiri dari 9 juta dollar AS dalam bentuk tunai dan 2 juta dollar AS dalam bentuk saham terbatas mulai 2011.

Related Posts:

1 Response to "Bos Baru GM Resmi Terima Gaji Rp 471,2 Juta Per Hari"