Karakteristik Kulit Sintetis Dibanding Asli

Jakarta, KompasOtomotif - Selain harga lebih murah dan lebih mudah merawat, pemilihan kulit sintetis untuk lapisan jok atau interior mobil juga lebih banyak untungnya. Dana Iswanto, Brand Manager MBtech menjelaskan keunggulan itu kepadaKompasOtomotif, belum lama ini.

"Konsepnya kulit sintetis itu diciptakan dengan teknologi sesuai pesanan, bahkan memungkinkan punya kelebihan yang tidak dimiliki kulit asli," jelas Dana. 

Misalnya, kalau kulit asli setelah dibersihkan, perawatan selanjutnya wajib dikasih pelembab (lotion) supaya pori-pori tidak mengering. Sementara, untuk kulit sintetis tidak perlu karena sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa tetap kuat, lembut, anti ultra violet, dan "fire redundant".

"Maksudnya bukan tahan api, tapi jika terbakar bisa menghindari supaya melebar. Api bisa tiba-tiba padam," jelas Dana. 

Teknologi
Ketika diproduksi, kulit sintetis juga didesain ketebalan, daya lentur, tarik, menopang beban, dan gesekan. Semua hal itu bisa dimanipulasi oleh teknologi yang tidak bisa dilakukan pada kulit asli. Biasanya (kulit asli), proses pengolahan standar hanya pelapisan dan pewarnaan yang menentukan kualitas. 

"Ibarat bikin kue, jadi bahan yang disiapkan untuk kulit sintetis itu harus berkualitas sehingga hasil yang didapatkan juga baik," tutup Dana.

Related Posts:

0 Response to "Karakteristik Kulit Sintetis Dibanding Asli"

Posting Komentar